Aspek penting yang harus di perhatikan dalam memulai bisnis restoran

Bagi lebih dari satu orang barangkali beranggap bahwa dalam memulai sebuah usaha restoran adalah kesibukan yang memadai susah dan ribet. Ya benar, sesungguhnya dalam meniti sebuah usaha restoran perlu detil yang komplek, tetapi bukan berarti Anda tidak mampu untuk menanganinya. Bisnis restoran tidak hanya fokus terhadap bagian food & beverage saja, tetapi dalam hal pelayan terhadap pelanggan dan kenyamanan pelanggan kala mampir juga menjadi faktor yang mesti diperhatikan. Perencanaan usaha restoran juga mesti dilaksanakan secara matang. Terkadang banyak orang yang berkeinginan untuk terhubung restoran tetapi mereka kurang tahu dan minim pengalaman di bidang restoran, menjadi kelanjutannya mereka pesimis. Ada juga yang telah mempunyai pengalaman bekerja di restoran tetapi meraka kurang perhatikan faktor bagaimana dalam mengemas dan memasarkan produk  yang baik dan tepat sasaran. Hal ini menunjukkan bahwa usaha restoran merupakan sebuah usaha yang komplek. Namun bagi anda yang ingin memulai bisnis restoran anda bisa melakukan franchise cafe restoran ternama, seperti hal nya hungrypedia, yang sudah sangat professional dalam hal itu, meskipun anda tidak paham sama sekali mereka siap membimbing anda, untuk sukses membuka usaha restoran anda.

hungrypediaindo.com

Sebelum memulai sebuah usaha juga di dalamnya adalah usaha restoran, ada lebih dari satu faktor penting yang mesti di perhatikan, diantaranya :

  1. Pematangan Ide dan Konsep

Memahami dan mematangkan gagasan beserta rencana restoran yang bakal Anda bangun merupakan hal yang penting. Business plan restoran atau rencana restoran jadi dari tekhnis produksi, target pasar atau konsumen, hingga terhadap prospek usaha. Lakukan pemikiran terhadap kelayakan prospek usaha Anda. Selain itu bikin juga berkenaan rencana pemasaran produk dan juga manajemen dari restoran Anda.

  1. Lokasi dan Target Pasar atau Pelanggan.

Pemilihan wilayah pun mesti dipikirkan matang-matang. Anda mesti pilih wilayah yang strategis, gampang dibuka oleh pelanggan, sarana parkir yang luas, dan lainnya. Karena target pasar atau pelanggan bakal pengaruhi wilayah yang bakal Anda pilih. Misalnya target Anda adalah orang yang bekerja maka  Anda mampu coba wilayah usaha di area perkatoran.

  1. Studi Kelayakan Bisnis

Yakni bersama melaksanakan peninjauan terhadap faktor pasar dan pemasaran, faktor tekhnis dan teknologi, faktor sosial, faktor hukum, hingga bersama faktor manajemen dan keuangannya. Dimana hasil peninjauan tadi mampu digunakan sebagai dasar untuk mengambil alih keputusan apakah rencana usaha restoran Anda layak dilaksanakan atau tidak.

  1. Rancangan Anggaran Belanja (RAB) dan Perhitungan ROI (Return of Investment).

Dengan memicu rencana anggaran membeli dan pemikiran perhitungan ROI, diinginkan pengeluaran ongkos bakal efektif dan tidak over budget.

  1. Man Power.

Dalam hal ini meliputi rencana perekrutan tenaga kerja atau sumber energi manusia yang bakal menunjang menggerakkan restoran Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *