Macam-Macam Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Sebagai makhluk hidup, Bumi sudah memberi apapun yang kita butuhkan, termasuk itu berbagai macam-macam sumber daya alam. Selain memang untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia, sumber daya alam ini juga sering digunakan untuk perdagangan hingga pembangunan. Kemajuan zaman membuat pengolahan sumber daya alam ini pun semakin canggih saja. Yuk, intip apa saja macam-macam pemanfaatan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui di ulasan berikut ini.

insanpelajar.com/sumber-daya-alam-yang-tidak-dapat-diperbarui

Macam-Macam Pemanfaatan SDA yang Tidak Dapat Diperbarui

Penambangan mineral untuk komoditi ekspor merupakan salah satu jenis pemanfaatan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui di Indonesia yang mana digunakan untuk menambah devisa negara. Beberapa hasil tambang di dalam negeri yang kerap dikirim ke negara lain adalah berupa Bijih Besi, Bijih Tembaga, Timah Putih, hingga Bauksit dan Nikel. Namun, tidak semuanya sumber daya alam ini dikirim. Ada juga yang sebagian diolah untuk industri dalam negeri, antara lain :

  1. Bahan Baku untuk Alat Rumah Tangga

Pertama, sumber daya alam juga sering dibuat untuk bahan baku alat-alat rumah tangga seperti alat dapur. Contoh sumber daya alam yang sering digunakan adalah Aluminium, Timah Putih, hingga Tembaga.

  1. Bahan Baku Pembangunan

Kedua, sumber-sumber daya alam ini juga sering dimanfaatkan untuk bahan bangunan atau bahan-bahan pembangunan seperti pengaspalan. Contohnya adalah Bijih Besi yang dipakai untuk membuat besi lempengan, Kaolin yang dipakai untuk membuat keramik, dan Pasir Kuarsa yang dipakai untuk kaca. Selanjutnya, juga ada Seng, Batu Granit, dan juga Batu Kapur untuk bahan semen dan Aspal Alam yang dipakai untuk pengaspalan.

  1. Bahan Baku Industri

Tidak hanya untuk bahan baku pembangunan dan alat rumah tangga, mineral juga sering dipakai untuk bahan baku industri. Sebut saja Fosfat untuk membuat pupuk, Bauksit dan Aluminium untuk industri kapal laut serta pesawat terbang, Mangan yang dipakai untuk bahan batu baterai, Seng untuk industri Pipa, hingga Belerang dan Yodium untuk Industri Kimia dan Obat.

  1. Perhiasan

Terakhir, ada juga sumber daya alam berupa Emas, Perak, dan Intan yang diolah untuk dibuat perhiasan.

Demikian ulasan mengenai macam-macam pemanfaatan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Semoga ulasannya bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *