Pengenalan dan Jasa Audit dalam Dunia Akuntansi

Audit dikenal dalam urusan pemeriksaan data sebuah perusahaan atau kelompok yang berkewajiban membuat laporan mengenai hal terkait. Sedangkan menurut pernyataan standar audit keuangan (PSAK) tahun 2006, audit merupakan suatu proses sistematik secara objektif untuk memperoleh serta mengevaluasi bukti yang ada mengenai asersi aktivitas perekonomian kepada pihak yang memiliki kepentingan.

Selain pengertian yang telah disebutkan, perlu adanya pengetahuan mengenai fungsi serta jasa audit ketika berurusan dengan dunia akuntansi. Dimana akuntansi memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian negara manapun, guna meningkatkan mutu atau kualitas ketahanan negara dalam menyikapi masa-masa krisis ekonomi.

Fungsi Audit dalam Dunia Akuntansi

  1. Memastikan kelengkapan data

Kelengkapan data dari keseluruhan transaksi dapat terdeteksi atau terpantau setelah diadakannya audit. Perlakuan ini berguna untuk memastikan adanya kelengkapan data tertulis baik secara manual ataupun yang terdapat dalam bentuk soft file, sehingga menimalisir terjadinya kecurangan yang sengaja dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, keterlibatan pihak audit mampu menjangkau data rahasia yang dimiliki oleh perusahaan sampai dengan pemerintahan dengan syarat tidak boleh sampai diketahui oleh pihak lain atau negara lainnya.

  1. Meminimalkan kesalahan dan fraud

Fungsi audit lainnya yakni meminimalisir terjadinya kesalahan serta fraud yang tidak tersedia dalam entitas (perusahaan atau organisasi yang berperan sebagai pihak audit tahap pertama dalam laporan keuangan) terkait. Etintas yang ada juga harus menjalankan kewajibannya untuk menjalani sistem operasional yang disesuaikan dengan peraturan yang telah ditetapkan.

  1. Meningkatkan kinerja entitas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mengenai entitas. Setiap entitas yang memiliki tanggung jawab dalam hal penyusunan serta penulisan laporan keuangan, atau data terkait akan semakin berusaha keras meningkatkan kualitas kerjaannya. Audit dapat memicu peningkatan kinerja entitas sehingga mampu bertugas lebih baik lagi dari tahun ke tahun. Beberapa orang yang telah berhasil melalui audit dengan baik, diberikan penghargaan dengan cara kenaikan pangkat atau mendapatkan promosi jabatan.

Sekian pengenalan singkat dari jasa audit dalam dunia akuntasi kali ini. Beberapa fungsi diatas, dapat diberlakukan sesuai kebutuhan masing-masing perusahaan atau organisasi yang memiliki hubungan dengan keuangan atau akuntansi. Semoga bermanfaat.