Promosi Melalui Strategi Harga yang Tepat

Promosi adalah suatu hal penting dalam strategi penjual dan pembelian yang bertujuan untuk mencari atau menarik konsumen, yang sebelumnya tidak terjangkau menjadi terjangkau, sehingga menjadi pembeli dan mengingat produk tersebut. Harga merupakan salah satu aspek penting dalam kegiatan publisitas.

https://www.pahlevi.net/

Harga adalah sejumlah uang yang diserahkan dalam pertukaran untuk mendapatkan suatu produk atau jasa. Penentuan harga menjadi sangat penting untuk diperhatikan, mengingat harga merupakan salah satu penyebab laku tidaknya produk yang ditawarkan.

Salah dalam menentukan harga akan berakibat fatal terhadap produk yang ditawarkan dan berakibat tidak lakunya produk di pasar. Promosi harga adalah menjadikan harga sebagai alat, medium atau strategi dan tidak jarang diiklankan secara gencar.

Harga selalu dianggap sebagai hal penting dalam strategi marketing, seperti fokus pada publisitas atau iklan. Namun, strategi harga, juga dapat berdampak besar pada profit yang ada. Langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menetapkan harga yang tepat  terhadap publisitas suatu produk adalah :

  1. Menentukan penetapan harga
  2. Memperkirakan permintaan, biaya dan laba
  3. Memilih strategi harga untuk menentukan harga dasar
  4. Menyesuaikan harga dasar dengan taktik penetapan harga

Besarnya harga yang harus dipasang tentu disesuaikan dengan tujuan penentuan harga publisitas. Ada beberapa strategi dalam penetapan harga pada saat promo, yaitu :

  1. Harga awal produk yang ditetapkan setinggi-tingginya dengan tujuan konsumen akan menilai bahwa produk yang di promosikan tersebut memiliki kulitas tinggi.
  2. Menetapkan harga yang serendah rendahnya namun tetap menguntungkan dengan tujuan untuk menguasai pasar.
  3. penetapan harga yang disesuaikan dengan pesaing di pasaran.
  4. penawaran kepada konsumen (pembeli secara kredit atau cicilan) dengan tingkat suku bunga yang rendah.
  5. penetapan harga dilakukan dengan membanting harga produk bermerek terkenal dengan tujuan menarik pengunjung. Tetapi, tetap menggunakan merek produsen.
  6. menetapkan harga khusus dalam musim-musim tertentu untuk menarik konsumen.
  7. penjualan dengan memberikan jaminan pelayanan (Service Contract) atau yang biasa disebut dengan garansi.
  8. memasang harga semu yang tinggi dan menawarkan harga lain yang lebih rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *