Strategi Pemasangan Atap Baja Ringan Dengan Benar

Saat ini penggunaan atap baja ringan seringkali menjadi pilihan utama setiap orang untuk membangun rumahnya. Terlebih lagi atap baja ringan sangat cocok untuk diaplikasikan untuk rumah dengan model minimalis. Pemasangan atap baja ringan dinilai memiliki beberapa kelebihan, kelebihan utama penggunaan atap baja ringan adalah memiliki daya topang beban yang sangat kuat. Hal ini dikarenakan material utama baja ringan merupakan baja bermutu tinggi berjenis hi-ten g550 lapis zinc dan aluminum. Jenis baja yang seperti ini akan mampu bertahan lebih dari 10 tahun sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam pembangunan rumah.

www.renovatap.com

Selain itu, kenyamanan dalam pemasangan atap baja ringan merupakan alasan lain yang diungkapkan oleh banyak orang karena ketika pemasangannya tidak memerlukan waktu yang lama. Terlebih lagi anda tidak akan menjumpai sisa-sisa potongan baja yang banyak dan berserakan sehingga menyebabkan kondisi yang kotor. Penggunaan atap baja ringan memang dinilai sebagai solusi terbaik karena sangat efektif dan efisien. Nah, agar lebih mudah dalam pemasangannya berikut ini beberapa strategi atau cara ganti atap baja ringan & biaya ganti atap baja ringan yang benar :

  1. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah bagaimana sih bentuk atap yang anda inginkan. Ketika akan membangun sebuah rumah, bentuk atap akan menjadi hal terpenting karena akan menentukan tingkat estetika dan keindahan dari rumah anda.
  2. Hitunglah volume baja ringan yang digunakan. Setelah megetahui bentuk atap seperti apa yang anda inginkan, anda perlu menghitung volume baja ringan yang diperlukan untuk membuat atap. Semakin banyak jurai baja ringan biasanya akan semakin mahal.
  3. Persiapkan gambar kerja secara keseluruhan. Poin ini akan sangat berguna dalam hal pemasangan atap agar sesuai dengan apa yang anda inginkan di awal. Gambar kerja juga memiliki fungsi untuk menentukan jarak kuda dan kebutuhan kuda-kuda yang aman.
  4. Pastikan baja ringan yang anda gunakan berkualitas dan berlabel SNI. Sebuah bangunan akan terlihat kokoh dan kuat jika bahan-bahan yang digunakan untuk membangun memiliki mutu dan kualitas yang terbaik. Oleh karena itu pastikan mutu dan kualitas baja ringan yang akan anda gunakan sudah berlabel SNI (Standar Nasional Indonesia).
  5. Menentukan penutup atap. Pastikan penutup atap yang akan anda gunakan sudah sesuai dengan ketebalan baja ringan. Jangan sampai genting atau penutup yang akan anda gunakan tidak bisa ditopang atau tidak cocok dengan baja ringan yang telah dipasang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *